SEJARAH

Berawal dari perkumpulan mahasiswa yang mempunyai kesamaan hobi di otomotif yang masih berada di naungan Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang pada tahun 1985, berdirilah Bengkel Rotari Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Negeri Malang sebagai sebuah Lembaga Semi Otonom yang berada di tingkat Jurusan Teknik Mesin.

Perkembangan dari tahun ke tahun menunjukkan banyak terjadi pasang surut yang akhirnya pada tahun 1996-1997 terjadi kevakuman di organisasi Bengkel Rotari. Kemudian pada tahun 1998 terjadi perombakan besar pada susunan pengurus, dimana mahasiswa baru angkatan 1998 menjadi pelopor bangkitnya kembali Bengkel Rotari dengan perbaikan pada manajemen bengkel dan seluruh sarana dan prasarana perbengkelan. Sehingga seluruh anggota Bengkel Rotari mampu membuka bidang usaha perbengkelan yaitu melayani servis terhadap sepeda motor dan mobil dengan target konsumen para mahasiswa, dosen, dan karyawan Universitas Negeri Malang.

Sejalan dengan perkembangan IPTEK, para anggota mulai melakukan peningkatan manajemen organisasi dengan membuat sebuah pedoman dalam pengelolaannya yaitu dengan pembuatan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, serta Garis Besar Haluan Organisasi yang biasanya dilakukan melalui Sidang Umum Bengkel RotariDengan melalui perjuangan akhirnya Bengkel Rotari menjadi Lembaga semi Otonom di tingkat Fakultas pada tahun 2007, dengan nama LSO Bengkel Rotari Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pada tahun 2019 para anggota dari Bengkel Rotari bergagas ingin membuat Team untuk  melakukan riset dan pengembangan otomotif pada kendaraan listrik sehinggga terbentuklah Rotari Engine Vehicle Team (REV Team). REV Team merupakan team yang bergerak dalam riset pengembangan,dan event mobil listrik/electric vehicle pada perlombaan nasional  serta merupakan salah satu bidang yang terdapat pada bengkel Rotari.

BENGKEL ROTARI BERGERAK DALAM BIDANG

  1. Riset dan pengembangan otomotif
    • Kompetisi Mobil Listrik Indonesia
    • Formula Racing Champions di Jiexpo Kemayoran
    • PLN ICE
  2. Pengabdian Masyarakat
    • Pelatihan Servis Kendaraan
    • Pelaksanaan Servis Gratis

 ARTI LOGO

  1. Busi : Pemicu, Semangat
  2. Piston dan lengan : Pergerakan, usaha
  3. Roda gigi : Putaran, Rotasi, Berkesinambungan

Arti seluruhnya adalah Bengkel Rotari dibangun dengan semangat untuk selalu berusaha memajukan profesionalisme kerja Bengkel Rotari yang berkesinambungan.