Bidang Pengembangan Sumber Daya Masyarakat atau bisa di singkat PSDM merupakan salah satu bidang yang terdapat di Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Mesin, bidang tersebut memiliki TUPOKSI yaitu :

Sebagai bidang yang bertanggung jawab atas pemberdayaan mahasiswa dalam kegiatan organisasi maupun mahasiswa dari setiap kegiatan yang berhubungan langsung dengan khalayak umum demi meningkatkan kesejagteraan masyarakat juga kelestarian alam sekitar.

Bidang Pengembangan Sumber Daya Masyarakat memiliki 2 Divisi diantaranya ialah :

  1. Divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota memiliki tupoksi untuk pemberdayaan anggota dalam setiap kegiatan himpunan, departemen maupun fakultas, lalu peemberdayaan dalam mengembangkan kompetensi dari apa yang diperlukan anggota, serta membantu ketua bidang dan ketua himpunan menjalankan tugas dan visi misi.
  2. Divisi Sosial Masyarakat memiliki tupoksi untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, pengabdian kepada masyarakat, mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan rasa empati mahasiswa terhadap masyarakat, dan membantu ketua bidang serta ketua himpunan menjalankan tugas dan visi misi

Struktur Bidang Pengembangan Sumber Daya Masyarakat :